Modul 2 - Laporan Akhir 1




1. Jurnal
[Kembali]





2. Alat dan Bahan [Kembali]
1. Module  D'Lorenzo
2.Jumper


3.Panel DL 2203C
4..Panel DL 2203D
5.. Panel DL 2203S
3. Rangkaian Simulasi [Kembali]







4. Prinsip Kerja Rangkaian [Kembali]


   D FLIP FLOP
    Ketika Reset dan setnya fooltime maka untuk menonaktifkan rangkaiannya adalah dengan memberikan input high kepada input R dan S. yang dimana ketika input D diberi nilai 1 ini aktif maka output pada Q bernilai 1 sedangkan Q' bernilai 0 kemudian clock yang digunakan adalah risetime . 

J-K FLIP FLOP 
    Rangkaian modifikasi R S flip flop yang tidak memiliki kondisi terlarang. ketika clocknya risetime di saat nilai input J nya 1 nilai input K nya 0 maka outputnya Q = 1, Q'= 0, ketika input J nya bernilai 0 dan K bernilai 1 maka output Q = 0, Q'=1. disaat nilai J dan K nya bernilai 0 maka kondisi outputnya adalah tetap akan tetapi disaat nilai J dan K nya 1 maka outputnya toggle atau berlawanan dari  output sebelumnya.

5. Video Rangkaian [Kembali]







6. Analisa
[Kembali]
Percobaan 1 
1. Analisa input dan output pada masing-masing kondisi, buatkan prosesnya menggunakan rangkaian flip flop
   Jawab : 


  • input B1=1, B0=0, B2=B3=B4=B5=B6=X
Ketika input B1 = 0 dan B0=0 maka logika akan terhubung ke kaki S berlogika 1 dimana 1 adalah syarat aktif dari jk flip flop dan pada kaki R berlogika 0 sehingga dihasilkan output pada D dan Jk flip flop Q=0, Q'=1
  • input B0=0, B1=1, B2=B3=B4=B5=B6=X
Prinsip kerja dari input B0=, B1=1 sama dengan nomor satu tetapi pada outputnya bernilai kebalikan karena input yang dimasukkan juga berbeda, output pada jk dan d flip flop Q=1 dan Q'=0
  • input B0=B1=0, B2=B3=B4=B5=B6=X
Ketika kedua inputnya bernilai 0 maka output dari jk dan d flip flop beradapada kondisi tetap dengan output Q=1 dan Q'=1 
  • input B0=B1=1, B2=B4=B5=0, B3=CLK, B6=seperti sebelumnya
Pada input demikian ketika ppin R dan S berlogika 1maka disebut  kondisi terlarang, oleh karena itu output akan ditinjsu darin output lain yaitu B2=B4=B5=0, B3=CLK, B6=seperti sebelumnya. karena seluruh input 0 dan terdapat clock maka output yang dihasilkan tetap dan berubah tergantung clock yaitu Q=0, Q'=1
  • input B0=B1=B4=B5=1, B2=0, B3=CLK, B6=seperti sebelumnya
Pada input diatas pin R dan S juga pada kondisi toogle karena input bernilai 1, kemudia ditinjau pada input dari jk yaitu 0 dan 1 lalu terhubung pada clock maka terjadi perubahan dengan output Q=0 dan Q'=1
  • input B0=B1=B2=1, B4=B6=0, B3=CLK, B5=X
Sama seperti sebelumnya ditinjau langsung dari pin j dan k karena r dan s toogle, maka  didapat output pada jk flip flop Q=1, Q'=0 pada D flipflop karena B5=X tidak berpengaruh apapun maka outputnya Q=0, Q'=1
  • input  B0=B1=B2=B4=1, B3=CLK
karena semua input bernilai 1 maka output dari jk flipflop tersebut toogle
Padaa seluruh percobaan nilai input yang bernilai X jika diubah-ubah tidak mempengaruhi hasil dari output dan pada D flipflop pada percobaan hampir seluruh output bernilai sama karena input JK flipflop terhubung ke RS pada D flip flop kecuali percobaan 6 dan 7  


7. Link Download [Kembali]

Download Simulasi Rangkaian klik disini
Download Video klik disini
Download HTML klik disini
Download Datasheet Gerbang Logika klik disini
Download Datasheet Logicprobe klik disini
Download Datasheet SPDT klik disini






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  BAHAN PRESENTASI UNTUK MATA KULIAH   ELEKTRONIKA   Oleh : Aulia Riska Farasi 2210953045     Dosen Pengampu : Darwison, M.T.   Darwison, 20...